Makalah Tentang Game Playing
Kata Pengantar
Pertama-tama penulis panjatkan puji syukur atas rahmat dan
ridho Allah swt. Karena tanpa rahmat dan ridho-NYA,kami dapat menyelesaikan
tugas makalah KECERDASAN BUATAN dengan tema “GAME PLAYING” dengan baik dan
selesai tepat waktu. Tidak lupa pula kami ucapkan terimakasih kepada Bapak SARIMUDIN
selaku Dosen yang membawakan matakuliah KECERDASAN BUATAN, hingga makalah ini
berhasil diselesaikan. kami
juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang selalu setia memberikan
pendapatnya. Pendapat teman-teman sangat membantu dalam mengerjakan tugas
makalah ini. Dan Isi makalah ini juga diambil dari beberapa sumber
lain agar dapat mendapat kepastian materi dari yang telah ada. Kami berterima
kasih bagi pihak-pihak yang secara langsung atau tidak langsung membantu dalam
pembuatan makalah ini, sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ini dengan
baik.
Kami memaparkan tentang GAME PLAYING ( PERMAINAN GAME ). Kami
berharap agar makalah yang di tuliskan ini nantinya dapat berguna bagi pembaca.
Kami juga berharap, makalah ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan bagi
siapa saja yang memerlukannya. Dan apabila dalam pembuatan makalah ini terdapat
kesalahan yang belum penulis ketahui. Kami menerima kritik serta saran untuk
makalah yang masih jauh dari sempurna ini, agar kedepannya Kami dapat menyusun
makalah yang lebih baik dari makalah ini. ..
Terimakasih.
KOLAKA, 30 DESEMBER 2016
HORMAT
KAMI : KELOMPOK IV
DAFTAR
ISI
Kata pengantar.......................................................................................................................
Daftar isi................................................................................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN...................................................................................................
A.
LATAR BELAKANG..........................................................................................
B.
TUJUAN.................................................................................................................
BAB 2 ISI.............................................................................................................................
ELEMEN GAME DAN KLASIIKASI................................................................
BAB 3 PENUTUP................................................................................................................
KESIMPULAN......................................................................................................
GAME
PLAYING
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Game
Playing atau Permainan Game adalah Permainan yang terstruktur, yang biasanya
game ini dibuat untuk menghilangkan stress atau juga bisa dibuat untuk
Pendidikan agar orang yang ingin belajar tidak merasakan rasa bosan pada suatu
hal yang ingin dia pelajari. Komponen dari Game itu adalah tujuan,
aturan, tantangan, dan interaksi. Game pada umumnya melibatkan stimulasi
mental atau fisik, dan bisa keduanya. Banyak Game yang bisa mengembangkan
kreatifias seseorang, sebagai bahan latihan, atau simulasi pendidikan.
Pada jaman modern seperti ini banyak Game yang melibatkan permainan yang
menggunakan Otak tanpa menggerakan seluruh fisik dikarenakan oleh
teknologi yang berkembang pesat.
Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak aplikasi yang mempermudah
pembuatan game, sehingga penulis tertarik dalam membuat game menggunakan
bantuan aplikasi Game Playing.
B. Tujuan
-
Mengetahui hal tentang Game
- Mampu membuat game menggunakan GameMaker
- Game yang dibuat dapat dimainkan oleh semua kalangan
- Mampu mengembangkan model game yang lebih modern
BAB II
ISI
A. Elemen Game dan Klasifikasi
- Tools (Alat)
Pada umumnya game pastinya membutuhkan sebuah alat untuk bermain, contohnya
seperti sepak bola, catur, video games, card, dan masih banyak lagi. Namun ada
juga permainan yang tidak membutuhkan alat yang dimana memerlukan tenaga dan
otak atau juga keberanian, contohnya seperti hide and seek, truth or dare,
dan lain-lain.
- Rules (Peraturan)
Game biasanya memerlukan peraturan yang dimana peraturan itu ada untuk mencegah
adanya kecurangan dalam permainan pada saat di mainkan. Peraturan umumnya
menentukan urutan gilirannya, hak dan tanggung jawab dari para pemain, dan
tujuan masing-masing pemain.
- Skill, Strategy, and Chance
(Kemampuan, Strategi, dan Kesempatan)
Game pada dasarnya memang membutuhkan skill, strategy, and chance. Skill sangat
dibutuhkan sekali untuk bermain Game, karena tanpa skill kalian tidak bisa
melakukan permainan tersebut dengan benar. Strategy adalah hal yang perlu di
pelajari dahulu, seperti halnya game chess, card, atau game lainnya karena
strategy adalah kunci sukses dari sebuah permainan. Chance, hal ini memerlukan
suatu taktik dan pengelihatan atau perhitungan yang sangat jelih, karena chance
ini bisa membawakan kita keberuntungan dalam memenangkan game.
Single-Player Games
Banyak game yang membutuhkan multiplayer atau pemain yang banyak. Tetapi,
single-player game juga sesuatu hal yang unik sehubungan dengan tantangan yang
dihadapi pemain. Single-Player game ini bisa dicontohkan seperti permainan
Puzzle, video game atau game komputer single-player tidak membutuhkan teman
bermain, dan masih banyak lagi.
Tipe
Ø Sports
Game yang biasanya membutuhkan arena yang luas. Permainan ini biasanya
membutuhkan pemain yang banyak, contohnya seperti Sepak Bola, Baseball, Basket,
atau American Football (Rugby). Tetapi ada juga beberapa yang membutuhkan
sedikit pemain, Contohnya seperti Tenis, Bulu Tangkis, atau Catur.
Ø Board Game
Permainan ini biasanya membutuhkan sebuah dice, papan permainan, resource,
status pemain, dan langkah pemain yang menggunakan sebuah token yang dimana
mereka harus mengocok dadu tersebut untuk bermain. Contohnya seperti Monopoly
dan Ular Tangga.
Ø Guessing Game
Permainan tebakan, yang dimana permainan ini membutuhkan pengetahuan atau
pengalaman yang lebih agar dapat menjawab pertanyaan tersebut lebih baik lagi.
a.
Video Game
Video Game adalah permainan dimana pemain menggunakan sebuah Platform besar
seperti Komputer, Game Konsole (Playstation, Xbox, Wii, Nintendo, dll), atau Mesin
Arcade. Video Game mempunyai genre dan rating tersendiri, berikut
adalah berbagai macam genre Video Game:
- Racing: Genre ini dimana pemain memainkan sebuah mobil
atau kendaraan virtual untuk balapan dengan pemain lain atau bisa juga melawan
AI (pemain virtual yang biasanya disebut CPU), permainan ini bertujuan
kendaraan siapakah yang terbaik dalam balapan atau juga pengendara mana yang
mahir dalam mengendalikan kendaraan tersebut.
Contohnya: Need For Speed, Moto GP, atau Kart Racing.
- Shooting: Video Game jenis ini sangat memerlukan
kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis
ini adalah menembak musuh atau target yang sudah di tentukan. Banyak orang
menyebut game shooting ini dengan sebutan FPS (First Person Shooting).
Contohnya: Counter Strike, Call of Duty, atau Battlefield.
- Fighting: Game jenis ini biasanya banyak digemari para
lelaki, yang dimana pemain memilih sebuah karakter yang mempunyai kemampuan
tersendiri untuk bertarung melawan musuh atau pemain lain. Game ini diperlukan
refleks untuk membaca serangan musuh dan kecepatan tangan untuk melakukan combo
atau kemampuan tersembunyi yang dimiliki Karakter tersebut.
Contohnya: Street Fighter, Mortal Combat, Tekken, dan masih banyak
lagi.
- Adventure: Video Game ini menekankan pemain pada
jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual,
memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan
karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat.
Contohnya: Devil May Cry, Resident Evil, Grand Thief Auto (GTA).
- Simulation: Video Game jenis ini seringkali menggambarkan
dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan
detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah,
gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau
menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun
konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium
cloning. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan,
membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas.
Contohnya: The Sims, Roller Coaster Tycoon, Sim City, atau Game
Dating yang banyak beredar di Jepang.
- RPG (Role Playing Game): Video Game jenis ini memang sedikit sama
seperti Adventure dimana game ini menekankan pemain pada jalan cerita dan
kemampuan berpikir pemain, namun RPG ini area permainan lebih luas dan pemain
diharuskan mengexplore sebuah map untuk mencari barang atau quest tertentu. RPG
ini pemain harus memainkan role karakter yang sudah di tentukan, atau bisa juga
membuat sebuah karakter sendiri. Karakter tersebut dapat berubah dan berkembang
ke arah yang diinginkan pemain, dalam berbagai parameter yang biasanya
ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan
kekuatan karakter, senjata yang semakin kuat, atau jumlah teman bahkan bisa
juga peliharaan.
Contohnya: Final Fantasy, Fable, The Elder Scroll.
b.
Online Game
Online Game adalah jenis permainan yang dimainkan secara online
melalui koneksi Internet, bisa jadi berupa Video Games atau juga virtual Board
Game. Game Online jaman sekarang banyak sekali yang berbau MMORPG (Massively
Multiplayer Online Role Playing Game), walaupun genrenya tidak hanya RPG saja.
Biasanya MMORPG ini pemain di tekankan untuk membuat sebuah karakter dan dapat
merubah karakter tersebut menjadi kuat dengan cara leveling, mengatur status
dan skill dari karakter tersebut, atau juga bisa membuat karakter terlihat
keren. Dilihat dari namanya MMO, dimana pemain ini tidak sendirian atau berdua
saja, tetapi banyak pemain dari seluruh dunia yang bermain bersama di Game
tersebut. Istilahnya seperti dunia virtual yang dimana bisa mengobrol,
berkelahi, atau juga bekerja sama.
c.
GameMaker
Game Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu anda membuat sebuah
game komputer tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa programan.
Dengan game maker anda dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan anda
juga mempunyai hak penuh terhadap game yang anda buat.
·
Sejarah
GameMaker (awalnya bernama Game Maker dan sering disingkat GM) awalnya
dikembangkan oleh Mark Overmars dalam bahasa pemrograman Delphi. Saat ini
dikembangkan dan diterbitkan oleh Yoyo Games, sebuah perusahaan perangkat lunak
di mana Overmars secara tidak langsung terlibat dan pemegang saham besar
GameMaker.
Game Maker awalnya berjudul Animo, dan dimulai sebagai program
untuk membuat animasi 2D. Mark Overmars merilis versi publik pertama dari
GameMaker (versi 1.1) pada tanggal 15 November 1999. Sementara versi Game Maker
memiliki built-in scripting bahasa, yang tidak serumit seperti di versi yang
lebih baru, dan beberapa versi berikutnya Game Maker tidak memiliki dukungan
DirectX.
Setiap rilis utama mereka menambahkan fitur baru yang besar dan
peningkatan stabilitas sambil mendapatkan terus dalam popularitas. Pada tahun
2001, versi 3.0 diimplementasikan DirectX untuk pertama kalinya, sementara
versi 4.0 (dirilis Juli 2001) ditulis ulang dari awal, mengubah interface
secara signifikan.
·
Bahasa
GameMaker
GML adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan Java
kompilasi Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal ini
memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain
permainan mereka melalui pemrograman konvensional, yang bertentangan dengan
sistem drag-and-drop. Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti
C, C + + dan Java, efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.
- Libraries
GameMaker
Dalam Game Maker, serangkaian tindakan drag-and-drop disebut Libraries. Dalam
Game Maker interface, libraries ini ditampilkan sebagai tab yang berisi ikon
yang disebut Actions. Setiap Action adalah script GML atau fungsi yang pengguna
dapat digunakan dalam permainan mereka. Game Maker dilengkapi dengan set
standar perpustakaan yang berisi tindakan yang umum digunakan oleh kebanyakan
game, melainkan juga memungkinkan untuk membuat libraries menggunakan Library
Builder disediakan secara terpisah dari Game Maker. Ada banyak libraries bahwa
pengguna Game Maker dapat men-download untuk menghindari menggunakan GML untuk
mencapai tugas-tugas tertentu. Misalnya, jika user ingin membuat game 3D yang
sederhana tetapi tidak memiliki pengalaman dengan GML, mereka dapat
men-download 3D Libraries.
Kemampuan Grafik
GameMaker terutama berjalan game yang menggunakan grafis 2D. Kemampuan grafis
GameMaker ini mengalami perbaikan yang signifikan dengan setiap versi rilis
utama, memungkinkan untuk fungsionalitas tambahan termasuk penyesuaian alpha
lebih efisien dan pengaturan pencampuran untuk sprite dan bentuk lainnya.
Dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker dimasukkan DirectX, yang memungkinkan
fungsi-fungsi grafis yang lebih canggih. Versi 7.0 (Mac OS X) menggunakan
OpenGL untuk membuat sprites.
Dimulai dengan versi 6.0 (Windows), Game Maker menambahkan
Direct3D, yang memungkinkan penggunaan grafis 3D yang terbatas. Untuk versi 7.0
(Macintosh) dan atas, OpenGL digunakan untuk grafis 3D dan juga memungkinkan
dukungan terbatas untuk model 3D yang sederhana. Converter digunakan untuk
membuatnya mungkin untuk menggunakan format 3D yang lebih populer seperti .3
ds, dan .obj untuk digunakan dalam proyek 3D. Paket ekstensi seperti Ogre
digunakan untuk memperluas fungsi dasar Game Maker ini. Hal ini juga mendukung
kemampuan untuk membuat efek partikel seperti hujan, salju dan awan, namun
tidak native dalam 3D kecuali melalui penggunaan Dynamic Link Library. Dukungan
untuk mengedit 32-bit .png file ditambahkan dalam versi 8.0 dari perangkat
lunak yang juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan gambar dengan alpha
channel.
Bagian - Bagian GameMaker
Di dalam game maker terdapat baberapa resource yang anda dapat
gunakan untuk membuat sebuah Game dalam game maker.
Sprites : Gambar
dari semua objek dalam game.
Sound : Efek efek
suara agar game terasa lebih hidup.
Backgrouds : Gambar
yang digunakan untuk latar belakang sebuah game yang sedang
berlangsung.
Paths : Paths
adalah lintasan yang diikuti oleh suatu objek dalam game.
Scripts : Bahasa
Pemrograman pada GameMaker
Fonts : Jenis
huruf yang digunakan pada game.
Time Lines : Pemberian
waktu pada objek dalam melakukan suatu Action pada game.
Objects : Kumpulan beberapa benda
benda yang ada pada game.
Event : Pergerakan yang
dilakukan oleh suatu objek apabila terjadi suatu
peristiwa
pada objek tersebut.
Room : Ruangan dimana game
berjalan dan juga sebagai tempat untuk suatu
objek
untuk di letakan atau tempat suatu objek untuk bergerak.
Game Option :
Pilihan pada game (Option)
Game Information : Informasi yang ada pada
game tersebut.
BAB III
PENUTUP
Ada kekurangan pasti ada kelebihannya, begitu
juga dengan Makalah Game Playing ini. Semoga dengan artikel
makalah yang telah kami buat ini dapat bermanfaat bagi kita semua baik
mahasiswa maupun masyarakat luas pada umumnya.
Demikian pembuatan makalah Pembuatan Game Playing yang
kami buat, semoga dapat bermanfaat bagi kita
semua.
How to register on Wynn Resorts casino - DrMCD
BalasHapusWhen 충청남도 출장샵 you 보령 출장샵 are 부산광역 출장샵 on the casino floor in your Wynn 광명 출장안마 Las Vegas home, you 안양 출장마사지 will notice that the sign-in and registration window are in very close